Friday, February 3, 2017

Cara Hapus Virus Shortcut

Mungkin pengguna windows sudah tidak asing dengan kata virus, yaitu suatu program jahat yang menyerang komputer yang terinfeksi. Kali ini kebunkode akan membahas cara mengatasi virus shortcut tanpa antivirus.
Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan virus shortcut secara total, terlebih dahulu kita akan
mempelajari bagaimana sistem kerja virus shortcut ini. Virus shortcut bekerja dengan cara menyembunyikan file asli pada komputer ataupun flashdisk. Proses menyembunyikannya dilakukan dengan cara mengubah file attribut menjadi supper hidden. Selanjutnya virus akan membuat duplicate file tersebut dalam bentuk shortcut (terdapat tanda panah kecil pada icon file).
Berbeda dengan cara kerja virus lain, virus ini sebenarnya tidak merusak file kita. Hanya saja disembunyikan dalam bentuk supper hidden. Jadi jika settingan komputer kita tidak di setting untuk menampilkan file yang memiliki attribut supper hidden, maka seolah – olah file asli kita tampak seperti “Hilang”.

Disini kita hanya memakai  CMD  untuk menghilangkan virus shortcut :
cmd attrib

  • Langkah pertama yakni memunculkan program Command Promt (CMD), untuk memunculkan program cmd, pertama, anda bisa Tekan Tombol Windows+R pada keyboard, kemudian ketik cmd lalu enter. Atau opsi yang kedua, anda bisa klik start - ketik cmd pada "search programs and files", kalau sudah muncul program cmd, langsung klik.
  •  Langkah kedua, setelah muncul program cmd, ketik I:, jika flashdisk atau hardisk di disk I: Sesuaikan dengan letak partisi sobat. Kemudian tekan enter 
  • Langkah ketiga, ketik attrib -s -h -r -a *.* /s /s kemudian tunggu beberapa detik (jika muncul error coba hilangkan hanya /d saja atau /s saja).
    batch file cmd commands
  •  Tunggu proses perubahan attribut ini sampai selesai. Setelah selesai selanjutnya file yang disembunyikan oleh virus shortcut ini sudah bisa tamnpil kembali dalam mode normal.
  •  Nah setelah selesai, semua folder yang dihilangkan atau "hidden" oleh virus shortcut dan shortcut-shortcut folder akan dimunculkan, termasuk auto.inf. Kemudian anda tinggal menghapus virus shortcut itu secara permanen. Biasanyya biar tidak muncul lagi, hapus dengan tekah shift+delete. Selamat flashdisk atau hardisk anda terbebas dari virus yang menjengkelkan. :)
Sekian dari cara menghilangkan virus shortcut tanpa antivirus, Mudahkan???

0 comments:

Post a Comment