Wednesday, February 8, 2017

pengertian spoofing dan contohnya

Pengertian Spoofing Dalam Jaringan


Spoofing adalah Pemalsuan IP Address untuk menyerang sebuah server di internet, kegiatan ini biasanya dilakukan oleh para hacker / cracker. IP Spoofing ini kadang di kenal dengan nama Source Address Spoofing. Dengan kata ain memalsukan IP Address dari attacker agar korban menganggap bahwa IP Address itu bukan berasal dari luar jaringan.


definisi ip spoofing

Contoh Spoofing Attack

Misalkan attacker mempunyai IP address type A 10.10.xx.xx ketika attacker melakukan serangan jenis ini maka Network yang diserang akan menganggap IP attacker adalah bagian dari Networknya misal 192.xx.xx.xx yaitu IP type C.

Dan Spoofing ini terjadi pada saat attacker mengubah pengiriman paket data ke tujuan yang berbeda. Packet untuk routing biasanya di transmisikan secara transparan dan jelas sehingga membuat attacker dengan mudah untuk memodifikasi asal data ataupun tujuan dari data. Tapi bukan attacker saja yang menggunakan teknik ini, para security profesional juga menggunakan nya untuk tracing atau melacak jejak para attacker.

Ada salah satu titik di mana para Attacker bisa masuk dan komunikasi data bisa di spoof (vulnerable). Titik itu adalah ICMP (Internet Control Message Protocol) karena protokol ini dilewati oleh informasi dan pesan-pesan kesalahan diantara dua node dalam network. Internet Group Message Protocol(IGMP) dapat dieksploitasi dengan menggunakan serangan tipe ini karena IGMP melaporkan kondisi kesalahan pada level user datagram, selain itu juga protokol ini mengandung Informasi routing dan Informasi Network. (UDP) User Datagram Protocol juga dapat ‘diminta’ untuk menampilkan identitas host sasaran.

0 comments:

Post a Comment