Thursday, February 2, 2017

Algoritma Tukar Bilangan



Kali ini kebunkode akan membahas cara menukar dua variable di dalam java.


Sebenar program yang kita buat ini sangat sederhana, tapi bagi programer pemula mungkin akan menjadi masalah, baiklah langsung saja kita pahami dahulu penyelesai masalahnya.
Kita akan memakai analogi tea dah kopi

Diberikan dua buah gelas A dan B, gelasA berisi air teh dan gelasB berisi air kopi. Pertukarkan isi gelas tersebut sehingga menghasilkan gelasA yang semula berisi air teh menjadi berisi air kopi dan gelasB yang semula berisi air kopi menjadi berisi air teh.

teh dan kopi


Cara penyelesaian permasalahan ini adalah sebagai berikut. Untuk mempertukarkan isi gelas dengan benar, maka diperlukan gelas tambahan yang kita namakan gelasC sebagai tempat penampungan sementara.Berikut Algoritmanya:


  • Siapkan gelas cadangan C
  • Tuangkan air teh dari gelas A ke dalam gelas C (gelas A menjadi kosong).
  • Tuangkan air kopi dari gelas B ke dalam gelas A (gelas B menjadi kosong).
  • Tuangkan air teh dari gelas C ke dalam gelas B. 
Kalo sahabat kebunkode masih belum paham, nihh dikasih gambarnya
algoritma tukar

Sementara untuk kodingnya bisa dilihat seperti ini :
menukar bilangan pada java

 
/** * Menukar Dua Bilangan dengan Variabel bantu. * @author (tyoo) */ public class tukar { public static void main (String [] args ) { int pertama = 50; //Variabel pertama bernilai 50 int kedua = 20; //Variabel kedua bernilai 20 System.out.println(" Sebelum Ditukar "); System.out.println("======================="); System.out.println("Isi Bilangan pertama : " +pertama); System.out.println("Isi bilangan kedua : " +kedua); int bantu = pertama; //Membuat variabel bantu dan memasukkan variabel pertama ke bantu pertama = kedua; //Kerena Variabel pertama sudah kosong maka bisa di isi varibel kedua kedua = bantu; //Memasukkan variabel bantu ke variabel kedua System.out.println(" Sesudah Ditukar "); System.out.println("======================="); System.out.println("Isi Bilangan pertama : " +pertama); System.out.println("Isi bilangan kedua : " +kedua); } }

Dan ini hasilnya
tukar dua variabel pada java
Mudahkan :)
Sekian dari penjelasan kebunkode, bila ada yang tak paham silakkan bertanya di kolom komentar

0 comments:

Post a Comment