Thursday, February 9, 2017

Apa Itu Linux Ubuntu?

Apa itu Ubuntu ?

Ubuntu merupakan sistem operasi berbasis GNU/Linux turunan dari distro Debian yang sangat mudah digunakan, handal, stabil dan aman. Ubuntu berasal dari filosofi Afrika yang berarti "Kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun tersedia juga untuk versi server serperti Ubuntu server

Ubuntu adalah


Rilis pertama Ubuntu adalah Ubuntu 4.10 pada tahun 2004 dengan codename Warty Warthog. Mark Shuttleworth adalah tokoh dibalik dari kesuksesan Ubuntu hingga Ubuntu bisa terkenal seperti saat ini. Ia adalah pendiri dari perusahaan Cannonical, Ltd yang merupakan perusahan resmi pensupport Ubuntu.

Apa bedanya Linux, GNU/Linux, dan Ubuntu ?

linux dan ubuntu

Linux hanyalah sebuah kernel dari sistem operasi, sedangkan GNU/Linux adalah gabungan dari tools-tools, libraries, dan aplikasi GNU dengan kernel Linux sehingga menjadi sebuah sistem operasi. Lalu Ubuntu sendiri adalah distribusi atau lebih dikenal sebagai distro dari GNU/Linux. Lebih tepatnya Ubuntu adalah gabungan dari sistem operasi GNU/Linux dengan ditambah beberapa paket-paket aplikasi, tema, dan beberapa modifikasi lainnya sehingga jadilah sistem operasi baru atau distro baru bernama Ubuntu.

0 comments:

Post a Comment